6 Alasan Mengapa Asuransi Properti Penting bagi Anda

Diterbitkan Pada November 2nd, 2018

Asuransi properti merupakan jenis asuransi kerugian yang memproteksi properti atau aset Anda yang berupa bangunan rumah beserta isinya. Asuransi jenis ini terbagi dua, yaitu asuransi kebakaran dan asuransi property all risks.

Perlindungan Maksimal

Rumah beserta isinya merupakan properti berharga yang  memiliki nilai finansial terbesar bagi Anda. Aset yang  wajib diproteksi semaksimal mungkin dari berbagai risiko kerugian akibat kerusakan, kehilangan, atau gangguan lainnya.

Jika Anda gagal untuk memberikan perlindungan kepada aset berharga Anda tersebut maka  akan menyebabkan kerugian yang dapat membuat situasi keuangan Anda memburuk. Terutama jika Anda tidak memiliki dana darurat yang cukup besar.

Berikut ini adalah berbagai hal yang termasuk dalam jaminan asuransi properti, baik sebagai manfaat utama maupun tambahannya.

  • Bangunan
  • Perhiasan dan barang berharga Anda
  • Peralatan dan perabotan rumah tangga, seperti, sofa, meja, televisi, AC, pemutar DVD, atau alat-alat elektronik lainnya
  • Tanggung jawab hukum pihak ketiga
  • Perlindungan kecelakaan diri akibat insiden kerusakan bangunan
  •  Manfaat tambahan lainnya.

Enam Alasan Pentingnya Asuransi Properti

Setidaknya ada enam alasan yang dapat dijelaskan mengenai pentingnya asuransi properti untuk Anda miliki. Berikut ini adalah uraiannya.

1.     Melindungi Bangunan Rumah beserta Isinya

Fungsi utama asuransi properti adalah memberikan jaminan perlindungan kepada rumah atau hunian yang Anda miliki beserta isinya.

Properti Anda akan mendapatkan jaminan perlindungan dari berbagai risiko kerusakan akibat kebakaran, bencana alam, dan penyebab kerusakan lainnya. Hal ini dapat diperluas dengan jaminan atas risiko kehilangan akibat pencurian atau tindakan kejahatan lain, serta jaminan atas risiko dari gangguan lainnya.

2.     Memberikan Rasa Aman

Perlindungan asuransi properti ini dapat pula digunakan untuk menghadapi risiko kerugian yang tidak pasti, seperti kebakaran, bencana alam, pencurian, ataupun risiko lainnya. Hal ini tentu akan memberikan ketenangan serta rasa aman dan percaya diri pada Anda sebagai pemilik aset.

Seandainya berbagai risiko tersebut terjadi dan Anda mengalami kerugian, akan ada penggantian yang sesuai dari pihak asuransi.

3.     Biaya yang Murah

Pada jenis Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia, nilai premi yang dikenakan rata-rata sangat kecil, misalnya 0.50/00 dari total nilai aset.

Sebagai contoh, Anda memiliki bangunan rumah beserta isinya senilai Rp1 milyar. Premi yang harus Anda bayarkan hanyalah 0.50/00 dari 1 milyar Rupiah, yaitu Rp500.000 per tahun.

Perhatikan perbandingan antara besar nilai pertanggungan dan nilai premi yang dibayarkan. Anda cukup membayar premi yang sangat murah untuk mendapatkan proteksi maksimal atas nilai properti Anda yang besar.

Jadi, dengan biaya yang murah, aset properti Anda sudah dapat terlindungi dengan baik.

4.     Mengganti Bangunan dan Properti yang Rusak atau Hilang

Asuransi properti memberikan penggantian biaya akibat kerusakan atau kehilangan atas properti Anda. Syarat penggantiannya adalah bahwa kerugian tersebut tidak terjadi atas kelalaian Anda sendiri.

5.     Menghindari Gangguan Finansial

Jika bangunan rumah Anda serta seluruh isinya terbakar, Anda akan mengalami kerugian finansial yang sangat besar. Tentunya biaya yang akan Anda keluarkan untuk memperbaiki dan mengganti semua properti tersebut tidaklah sedikit.

Asuransi properti memberikan penggantian atas kerugian tersebut sehingga Anda tetap dapat melindungi keadaan finansial Anda.

6.     Tempat Tinggal Sementara

Apabila risiko kerugian yang terjadi menyebabkan Anda kehilangan tempat tinggal, asuransi properti dapat memberikan tempat tinggal sementara secara cuma-cuma atau memberikan penggantian biaya untuk menyewa tempat tinggal sementara kepada Anda.

Meredam Risiko

Jika Anda telah mengetahui pentingnya memiliki asuransi properti, mengapa Anda masih berani mengambil risiko untuk tidak melindungi properti Anda?

Meskipun kerugian belum tentu menimpa properti Anda tapi tentunya Anda telah menghilangkan salah satu masalah jika Anda memiliki asuransi properti.

Hidup Anda pun pasti akan lebih tenang dan nyaman.


Bandingin.com !!! dapat membantu Anda mengambil keputusan cerdas dan akurat untuk melindungi diri, keluarga, dan masa depan Anda.