facebook 5 Faktor untuk Premi Asuransi Rumah Anda

5 Faktor yang Mempengaruhi Premi Asuransi Rumah Anda

Diterbitkan Pada July 3rd, 2019

Premi Asuransi Rumah

Masing-masing perusahaan asuransi punya aturan main sendiri dalam menetapkan besaran tingkat premi asuransi rumah tersebut. Penetapan besar tingkat premi asuransi rumah atau properti Anda ditentukan melalui proses underwriting.

Tingkat Premi

Anda harus tahu bahwa Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah menetapkan batas bawah dan atas untuk persentase tingkat premi asuransi properti yang dianggap wajar dan layak. Semua sudah ditentukan berdasarkan setiap kategori bangunannya, mulai dari jenis fungsi bangunan, material bangunan, sampai dengan sifat penggunaan bangunan tersebut.

Jadi, pihak asuransi tetap harus memperhatikan batasan tersebut dalam menetapkan tingkat premi yang sesuai untuk setiap tertanggungnya.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Premi

Mendapatkan premi yang murah tentu menjadi harapan Anda. Namun, Anda juga perlu mengetahui terlebih dahulu faktor-faktor apa saja yang umumnya dijadikan dasar penentuan oleh pihak asuransi untuk menetapkan besaran tingkat premi asuransi rumah Anda.

Berikut adalah ulasan mengenai beberapa faktor yang mempengaruhi besaran premi asuransi rumah Anda.

Luas Jaminan yang Diinginkan

Pihak asuransi tentu memberikan pilihan dan pertimbangan bagi Anda untuk menentukan luas jaminan perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan.

Premi untuk asuransi rumah atau properti dengan luas jaminan perlindungan dasar tentu lebih rendah.

Namun, nilai premi tersebut dapat bertambah apabila Anda ingin menambahkan berbagai perluasan jaminan dan manfaat lain yang diinginkan, seperti perlindungan untuk bencana alam, gangguan keamanan, sampai dengan perlindungan jiwa bagi Anda dan keluarga.

Penggunaan (Okupasi)

Apakah rumah Anda hanya dijadikan tempat tinggal pribadi atau disewakan?

Penggunaan bangunan rumah Anda menjadi faktor yang penting untuk menentukan besar premi asuransi properti. Hal tersebut menentukan tingkat risiko yang akan dihadapi.

Tempat tinggal pribadi, seperti rumah atau apartemen tentu memiliki tingkat premi yang rendah dibandingkan dengan bangunan rumah atau bangunan untuk komersil, seperti kos-kosan, rumah toko, serta gedung hotel atau perkantoran

Selanjutnya, tingkatan premi teratas diperuntukan untuk bangunan industrial, seperti pabrik beserta gudangnya.

Jadi, Anda dapat berharap mendapatkan premi yang cukup rendah jika memang rumah Anda hanya digunakan untuk tempat tinggal pribadi.

Jenis Konstruksi Bangunan

Berikut ini adalah pembagian jenis konstruksi pada asuransi rumah atau properti.

  • Konstruksi bangunan kelas I (material konstruksi tidak mudah terbakar)
  • Konstruksi bangunan kelas II (material konstruksi terbuat dari bahan kayu)
  • Konstruksi bangunan kelas III (material konstruksi selain dari kelas I dan II)

Konstruksi bangunan kelas I jelas memiliki tingkat premi yang terendah kemudian konstruksi bangunan kelas II dan selanjutnya konstruksi kelas III menjadi yang tertinggi.

Perhatikan, apakah jenis konstruksi seluruh bangunan rumah Anda hanya masuk dalam kategori kelas I atau ada kombinasi dari jenis bahan konstruksi lainnnya, seperti jika rumah Anda mempunyai sebuah bungalo yang terbuat dari bambu/kayu.

Lingkungan Sekitar

Lingkungan sekitar rumah atau properti Anda yang berpotensi tinggi memberikan risiko kerugian tentu akan meningkatkan nilai premi.

Contohnya, risiko rumah Anda di daerah rawan bencana atau gangguan keamanan.

Selanjutnya, kemudahan akses dan jarak ke sumber air terdekat juga dapat menentukan besar premi  asuransi rumah Anda.

Faktor Lainnya

Faktor lainnya yang memiliki pengaruh terhadap premi asuransi rumah Anda, di antaranya adalah catatan kerugian atau klaim asuransi yang pernah terjadi atau ketersediaan alat dan sistem pengamanan.

Contohnya, sprinkler, alat pemadam api ringan (APAR), alarm pendeteksi asap atau untuk keamanan, kamera pemantau (CCTV), dan sebagainya. Hal-hal tersebut juga dapat mempengaruhi besar premi.

Faktanya saat ini, Anda justru sibuk untuk melengkapi rumah atau properti Anda dengan berbagai alat dan sistem keamanan tersebut. Namun, Anda melupakan asuransi untuk perlindungan menyeluruh rumah Anda. Jangan sampai hal itu terjadi!

Kenali dengan Baik

Keinginan untuk mendapatkan premi yang lebih murah adalah suatu hal yang wajar.

Namun, jika hal itu membuat perlindungan yang didapatkan menjadi tidak optimal, seperti memilih produk asuransi yang paling standar tanpa adanya perluasan maka lebih baik Anda mengabaikan pertimbangan tersebut.

Ini sama halnya dengan menempatkan rumah atau properti Anda dalam risiko. Jadi, jangan pernah menjadikan rumah Anda sebagai taruhan untuk menghadapi bahaya.

Sekali lagi, perhatikanlah semua faktor tersebut sebelum membeli asuransi rumah sehingga Anda dapat nilai premi yang wajar.

 

Bandingin.com !!! dapat membantu Anda mengambil keputusan cerdas dan akurat untuk melindungi diri, keluarga, dan masa depan Anda.

Asuransi , Asuransi Properti , Premi

Topik Artikel

asuransi properti asuransi rumah asuransi premi