5 Faktor Ini Menentukan Premi Asuransi Mobil Anda

Diterbitkan Pada June 12th, 2018

Pada dasarnya, biaya yang wajib dibayar jika Anda ingin mengalihkan risiko kerugian ke pihak asuransi dikenal dengan istilah premi asuransi.

Premi adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan dalam setiap periode (bulanan atau tahunan) sebagai kewajiban dari tertanggung atas keikutsertaannya di dalam asuransi. Seluruh jenis asuransi mewajibkan pembayaran premi, termasuk asuransi kendaraan bermotor (mobil atau motor).

Besarnya premi (atau disebut juga dengan premium rate) yang harus dibayarkan ditetapkan oleh perusahaan asuransi dengan memperhatikan keadaan atau kondisi tertanggung.

Faktor Penentu Besar Premi

Tiap perusahaan asuransi memiliki aturan main tersendiri dalam menetapkan besaran premi, walaupun Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menetapkan batas bawah dan atas dari prosentase tingkat premi tersebut.

Namun, tertanggung juga perlu mengetahui faktor-faktor apa saja yang umumnya dijadikan dasar dari penentuan besaran premi asuransi kendaraan bermotor.

Berikut adalah penjelasan mengenai beberapa faktor penentu besaran premi asuransi kendaraan bermotor.

  1. Jenis Jaminan (All Risks atau Total Loss Only/TLO)

Premi untuk jaminan all risks akan lebih tinggi jika dibandingkan premi TLO. Terlebih lagi jika jaminan all risks itu ditambah dengan perluasan jaminan lainnya (komprehensif) yang akan menambah besaran premi.

  1. Jenis Kendaraan

Spesifikasi, kondisi, penggunaan, sampai dengan harga kendaraan tersebut di pasaran akan menjadi pertimbangan untuk menentukan besaran premi.

  1. Lokasi

Domisili tertanggung akan mempengaruhi besaran premi. Tertanggung yang berdomisili di daerah rawan bencana atau kriminalitas tentu dikenakan premi lebih besar.

  1. Usia

Tertanggung dalam rentang usia di bawah 30 ( <30) tahun dan di atas 60 (>60 ) tahun kemungkinan akan dikenakan premi yang tinggi karena dinilai berpotensi lebih ceroboh atau kurang hati-hati, berdasarkan statistik data kecelakaan yang menunjukkan bahwa grup usia diatas memiliki resiko lebih besar untuk mengalamI kecelakaan.

  1. Faktor Penentu Lainnya

Faktor-faktor penentu lainnya, seperti rekam jejak mengemudi tertanggung, penambahan sistem keamanan, dan lain sebagainya.

Dengan penjelasan mengenai beberapa faktor penentu besaran premi asuransi kendaraan bermotor diatas, kami berharap Anda, sebagai tertanggung, dapat memahami cara bagaimana menentukan premi.

Jika beruntung, Anda dapat menerima premi asuransi yang lebih murah untuk kendaraan Anda.