facebook 4 Tips Untuk Kehamilan Sehat

4 Tips Untuk Kehamilan Sehat

Diterbitkan Pada August 12th, 2019

4 Tips Untuk Kehamilan Sehat

Melahirkan bisa jadi merupakan momen paling ajaib dan tidak terlupakan dalam hidup Anda. Untuk memastikan bahwa anak Anda baik-baik saja selama masa kandungan serta dapat lahir dengan sehat, penting untuk memastikan kesehatan Anda selama masa kehamilan.

Ikuti tips-tips berikut untuk memberikan perawatan terbaik bagi anak dan diri Anda selama 9 bulan masa kehamilan.

 

1. Periksakan ke Dokter

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi dan berkonsultasi dengan dokter. Rumah sakit memiliki peralatan, seperti ultrasound (USG), yang bisa memeriksa apakah kondisi Anda dan anak Anda normal, dan juga sudah sejauh mana tahap kehamilan Anda.

Sangat penting untuk memeriksakan selagi di tahap awal untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika Anda memiliki asuransi kehamilan, biaya yang diperlukan untuk melakukan kontrol ke dokter ini dapat ditanggung oleh asuransi 


2. Ubah Gaya Hidup

Setelah itu Anda perlu mengubah gaya hidup Anda, Anda tidak lagi makan atau berolahraga untuk diri Anda saja, tetapi juga untuk anak Anda. Anda harus berhenti merokok dan  meminum alkohol, asap rokok, termasuk rokok secara pasif, dapat menyebabkan berat bayi menjadi rendah, dan dapat berpotensi menyebabkan keguguran. Hindari juga minuman beralkohol dan bahan kimia lain seperti cat dinding, barang-barang seperti ini dapat memberikan dampak buruk bagi Anda dan janin Anda.

 

3. Banyak Minum dan Jaga Berat Badan

Anda juga harus banyak minum selama masa kandungan, setidaknya 6 hingga 8 gelas per hari. Jagalah berat badan Anda, jangan sampai terlalu berat atau terlalu kurus. Selama masa kehamilan, janganlah khawatir tentang berat badan, ingatlah bahwa Anda makan bukan hanya untuk Anda saja, tapi juga untuk memberikan nutrisi dan kalori kepada bayi Anda.

Jika Anda masih ingin mejaga berat badan Anda, lakukanlah olahraga ringan seperti yoga, berenang dan berjalan. Berolahraga ringan yang tidak terlalu melelahkan juga dapat menjaga kesehatan bayi Anda.

 

4. Tidur yang Cukup

Jika Anda memiliki jadwal yang cukup sibuk, janganlah lupa untuk tidur yang cukup. Beristirahatlah lebih sering agar anak Anda semakin kuat dan sistem imun tubuh Anda berfungsi dengan baik untuk melindungi anak Anda. Sebaiknya Anda tidur dengan posisi miring atau menyamping untuk memberikan sirkulasi terbaik untuk Anak Anda.

 

Sebagai kesimpulan, hindari rokok dan alkohol, jangan melakukan diet selama masa kehamilan, minum air yang cukup, lakukan olahraga yang ringan dan aman, dan tidurlah yang cukup. Ikuti tips ini untuk tetap sehat selama mengandung anak Anda dan juga untuk memastikan anak Anda juga sehat selama dalam kandungan dan saat kelahirannya.

Sebagai info tambahan, kehamilan adalah salah satu faktor yang dapat ditanggung dengan asuransi kesehatan. Sebagai wanita, Anda bisa menggunakan asuransi kesehatan untuk mendapatkan perlindungan dari risiko-risiko  yang khusus pada wanita seperti persalinan, kanker payudara, dll.

Topik Artikel

kesehatan keluarga