facebook 4 Riders Asuransi Jiwa dan Manfaatnya

4 Riders Asuransi Jiwa dan Manfaatnya

Diterbitkan Pada January 10th, 2020

4 Riders Asuransi Jiwa dan Manfaatnya

Rider asuransi jiwa sering kali disebut dengan istilah asuransi tambahan. Rider asuransi jiwa tidak dapat diperoleh jika Anda tidak membeli asuransi dasarnya. Jadi, rider asuransi jiwa bukan bagian dari polis dasar. 

Life Insurance Riders 

Riders pada asuransi jiwa (life insurance) adalah asuransi tambahan yang dapat ditambahkan ke polis asuransi jiwa berjangka. Asuransi tambahan tersebut dapat ditarik pada saat atau ketika terjadi suatu peristiwa atau kejadian tertentu.

Hal ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan uang santunan lebih banyak di atas jumlah yang biasanya atau awalnya dijanjikan dalam polis asuransi dasarnya tersebut. 

Ada berbagai jenis tambahan pada asuransi jiwa, 4 yang terpenting di antaranya adalah sebagai berikut.

Critical Illness Rider

Pemegang polis akan menerima uang santunan sekaligus ketika secara valid terdiagnosa penyakit kritis tertentu yang telah ditetapkan dalam asuransi tambahannya tersebut. Beberapa penyakit kritis bisa dijadikan sebagai rider asuransi jiwa, seperti kanker, jantung, gagal ginjal, dan lainnya.

Disability Rider

Asuransi tambahan ini khusus dirancang jika pemegang polis asuransi jiwa mengalami kecelakaan diri yang menyebabkan kecacatan pada fisik dan fungsi tubuhnya.

Accidental Death Benefit

Manfaat kematian karena kecelakaan diberikan jika pemegang polis meninggal dunia karena kecelakaan selama masa pertanggungan asuransi jiwa dasarnya. Ahli waris akan menerima sejumlah santunan tambahan berdasarkan nilai asli polis asuransi. Biasanya ada batas maksimum uang pertanggungan, yaitu 200% dari jumlah uang pertanggungan asuransi jiwa dasarnya.

Waiver of Premium Rider

Jika pemegang polis menjadi tidak mampu membayar premi yang tersisa karena kehilangan pendapatan atau cacat maka tambahan manfaat bebas premi ini bisa digunankan. Sisa premi yang harus dibayar dapat dihapuskan tetapi polis asuransi jiwa masih tetap aktif. 

Pada dasarnya, rider ini memastikan premi Anda tetap dibayarkan pada polis asuransi dasarnya.

Riders dapat memberikan banyak manfaat tambahan untuk polis dasar yang sudah ada. Memilih satu atau lebih asuransi tambahan berdasarkan kebutuhan akan membuat polis asuransi dasarnya menjadi lebih fleksibel.


Bandingin.com !!! membantu Anda membuat keputusan cerdas dan akurat berasuransi untuk melindungi diri sendiri, keluarga Anda, dan masa depan Anda.

Topik Artikel

asuransi jiwa asuransi riders