facebook 5 Langkah Mudah Melindungi Komputer saat Online

5 Langkah Mudah Melindungi Komputer saat Online

Diterbitkan Pada October 11th, 2019

4 Langkah Mudah Melindungi Komputer saat Online

Saat Anda online dan terhubung ke internet, Anda dapat membahayakan komputer personal (PC) Anda. Itu adalah fakta. Oleh karena itu, inilah alasan mengapa berbagai perangkat lunak antivirus dan produk serupa lainnya dibuat, yaitu untuk melindungi PC Anda.

Bukan salah Anda jika PC terkena virus saat online menggunakan internet. Namun, Anda harus mengambil metode pencegahan untuk menghentikan hal ini terjadi.

Tetap bersihkan PC

Penting agar PC Anda tetap bersih saat Anda menggunakan internet. Bersihkan dari malware atau 'objek yang buruk dan berbahaya' yang juga dikenal sebagai spyware, adware, atau virus.

Ada banyak jenis objek berbahaya tetapi untungnya ada juga obat untuk menjaga PC Anda tetap terlindungi.

Gunakan perangkat lunak (software) antivirus

Tidak perlu membeli 30 jenis perangkat lunak anti-malware sekaligus. Anda cukup memilih dua perangkat lunak yang akan melindungi PC Anda.

Dua perangkat lunak paling penting yang harus Anda miliki adalah antivirus dan anti-adware.

Beberapa produk anti-adware juga menyembuhkan spyware, bukan hanya adware. Mereka akan bekerja di belakang layar PC Anda secara otomatis.

Pemeliharaan rutin

Perangkat lunak antivirus dan anti-malware akan memblokir spyware dan adware. Namun, Anda juga harus menggunakan perangkat lunak tersebut saat offline. Anda harus memindai PC Anda menggunakan kedua perangkat lunak tersebut setidaknya tiga minggu sekali.

Itu akan membersihkan berbagai malware yang dapat membahayakan PC Anda.

Cek keamanan

Kami telah menyarankan bahwa Anda memerlukan dua perangkat lunak anti-malware untuk menjaga perlindungan berkelanjutan pada PC Anda.

Selanjutnya, jika Anda mengunduh perangkat lunak, film, gambar, video, atau hal lain dari internet maka Anda disarankan untuk memindai semua unduhan tersebut. Klik kanan pada file tersebut dan gunakan antivirus Anda untuk memindai mereka sebelum membukanya.

Aktifkan firewall

Firewall adalah sistem yang didesain khusus untuk mencegah akses mencurigakan masuk ke dalam jaringan pribadi. Firewall dapat berupa perangkat keras, perangkat lunak, atau kombinasi keduanya. Firewall merupakan perlindungan berkelanjutan yang sangat penting.

Pastikan semua itu terinstal dan berfungsi dengan baik pada PC Anda. Selanjutnya, silahkan Anda melanjutkan penjelajahan Anda di dunia maya dengan aman.

Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Topik Artikel

komputer online internet antivirus anti malware