facebook 7 Cara Jitu dan Mudah Menghemat Bensin Mobil Anda

7 Cara Jitu dan Mudah Menghemat Bensin Mobil Anda

Diterbitkan Pada August 13th, 2019

4 Cara Menghemat Bensin Mobil

Fakta bahwa harga minyak mentah saat ini cukup tinggi, otomatis membuat harga bensin pun turut mengalami peningkatan. Kebanyakan para pengendara mobil pun mulai mencari cara untuk membuat mobil mereka lebih hemat dalam mengkonsumsi bensin.

Ada beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk membuat mobil Anda lebih efisien dalam penggunaan bensin sehingga dapat menghemat uang Anda.

 1. Jalankan mobil sesaat setelah dinyalakan

Banyak orang yang masih memiliki kebiasaan menyalakan mobilnya kemudian mendiamkannya untuk waktu yang tidak sebentar sebelum mulai menjalankannya, Alasannya adalah untuk memanaskan mesinnya terlebih dahulu.

Ini membuat mobil terus membakar bensin tanpa berjalan sedikitpun.

Faktanya, hal itu sudah tidak diperlukan lagi oleh mobil-mobil masa kini. Anda bisa langsung menjalankan mobil Anda sesaat setelah mobil dinyalakan.

Jadi, mulai sekarang stop kebiasaan Anda memanaskan mesin mobil sebelum Anda menjalankannya. 

2. Jangan terlalu sering stop and go

Kondisi jalanan yang padat atau bahkan macet membuat mobil harus banyak melakukan gerakan stop and go. Akibatnya, konsumsi bensin akan lebih banyak terbuang sia-sia.

Solusi terbaik untuk masalah ini adalah dengan melakukan manajemen perjalanan yang baik.

Persiapkan rute terbaik ke tempat tujuan sebelum Anda berangkat. Anda bisa mengunakan aplikasi peta untuk mengetahui rute terbaik dan menghindar dari kemacetan.

Cara lain yang cukup efektif adalah dengan berangkat ke tempat tujuan jauh lebih awal sebelum kemacetan menghadang di jalur yang akan Anda lalui.

Manajemen perjalanan yang efektif tentu dapat membuat konsumsi bahan bakar mobil Anda lebih efisien.

3. Mengemudi dengan tenang

Mengemudi secara cepat dan cenderung ugal-ugalan hanya menambah masalah karena akan membuat Anda harus menginjak rem lebih sering dari yang seharusnya. Anda harus membuat mobil Anda berhenti terlalu cepat kemudian melaju lagi dengan cepat pula.

Efeknya, Anda akan mengkonsumsi lebih banyak bensin karena perilaku mengemudi Anda yang kurang baik.

Mengemudi dengan cara seperti itu tidak akan membuat Anda 2 jam lebih cepat sampai dibandingkan dengan mengemudi secara tenang. 

Jadi, mulailah berperilaku mengemudi dengan baik, halus, dan tenang dalam batas kecepatan yang wajar dan menjaga jarak dengan kendaraan di depan agar tidak perlu sering mengerem terlalu dalam.

Hasil penelitian telah membuktikan bahwa mengemudi seperti ini dapat menghemat bensin hingga 30%.

 4. Matikan mesin

Jika Anda harus berhenti sejenak untuk waktu yang agak lama (lebih dari 10 menit), seperti saat menjemput teman, membeli sesuatu di pinggir jalan, atau menunggu seseorang maka sebaiknya Anda mematikan mesin mobil Anda.

Efisiensi bahan bakar Anda dapat terjaga dengan cara ini dan mobil Anda tidak akan membakar bensin lebih dari yang seharusnya.

 5. Jangan matikan mesin

Berlawanan dengan tips sebelumnya, jika Anda hanya berhenti untuk waktu yang singkat (di bawah 5 menit), seperti saat sedang menunggu di lampu merah maka Anda tidak perlu mematikan mobil Anda.

Alasannya, mobil membutuhkan bensin lebih banyak untuk menstarter daripada ketika mobil tetap dinyalakan dalam jangka waktu sebentar tersebut.

6. Perawatan berkala

Lakukan selalu perawatan kondisi mesin mobil Anda secara berkala. Mesin yang terawat dengan baik dapat bekerja secara prima dan optimal sehingga konsumsi bahan bakarnya pun akan efisien.

7. Jaga tekanan ban mobil

Ban yang terisi tekanan angin secara ideal dapat membuat mobil berjalan lebih mulus dan lancar sehingga dapat menghemat bensin pada saat berjalan.

Oleh karena itu, seringlah mengecek tekanan angin ban secara rutin.

Mulai sekarang, cobalah untuk mengaplikasikan semua atau beberapa tips jitu di atas. Anda pasti dapat berhemat sehingga Anda dapat mengalihkan kelebihan pengeluaran bensin Anda untuk hal yang lebih manfaat, seperti membeli asuransi untuk mobil Anda.

Berkendaralah dengan efektif dan efisien.  

Topik Artikel

asuransi kendaraan