4 Cara Menghemat Bensin Mobil

4 Cara Menghemat Bensin Mobil

Diterbitkan Pada August 13th, 2019

4 Cara Menghemat Bensin Mobil

Dengan harga minyak yang meningkat, maka harga bensin pun turut mengalami kenaikan, para pengendara mobil pun mulai mencari cara untuk membuat mobil mereka lebih hemat bensin. Ada beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk menghemat bensin serta uang Anda dalam jangka panjang dengan cara membuat mobil lebih efisien.

 

1. Jalan Setelah Mobil Dinyalakan

Banyak orang yang masih membiarkan mobilnya menyala dan mendiamkannya beberapa saat setelah mobil dinyalakan, selama itu mobil terus membakar bensin tanpa berjalan sedikitpun. Sebenarnya hal ini sudah tidak diperlukan oleh mobil-mobil modern, Anda bisa langsung mengemudikan mobil Anda sekitar setengah menit setelah mobil dinyalakan.

 

2. Jangan Mengerem Terlalu Banyak atau Terlalu Sering

Banyak pengemudi yang menginjak rem lebih sering dari yang seharusnya. Ini dapat membuat mobil berhenti terlalu cepat dan mengonsumsi lebih banyak bensin dalam jangka waktu yang lama. Sebagai alternatif, Anda bisa mengemudi dengan batas kecepatan yang wajar dan menjaga jarak dengan kendaraan di depan agar tidak perlu mengerem terlalu dalam.

Melakukan hal ini dapat menghemat bensin hingga 30%.

 

3. Matikan Mobil

Jika Anda berhenti dalam waktu lebih dari 10 menit seperti saat menjemput teman, membeli sesuatu di pinggir jalan, atau menunggu seseorang, sebaiknya Anda mematikan mobil Anda.

Efisiensi bahan bakar Anda dapat terjaga dengan cara ini dan mobil Anda tidak akan membakar bensin lebih dari yang seharusnya.

 

4. Jangan Matikan Mobil

Berlawanan dengan tips sebelumnya, jika Anda hanya berhenti untuk waktu yang singkat, kurang lebih di bawah 5 menit seperti saat sedang menunggu di lampu merah, maka Anda tidak perlu mematikan mobil Anda.

Mobil membutuhkan bensin lebih banyak untuk menstarter daripada ketika mobil tetap dinyalakan dalam waktu tersebut.

 

5. Jaga Tekanan Ban Mobil

Banyak pengemudi yang tidak terlalu memperhatikan ban mobil, kecuali ketika pecah ban atau kempes. Padahal memiliki ban yang terisi angin dengan cukup dapat membuat mobil berjalan lebih mulus dan lancar, sehingga dapat menghemat bensin dan membuat mobil lebih efisien.

Oleh karena itu, sering-seringlah mengecek tekanan angin ban secara rutin.

 

Selain untuk menghemat bensin, cara-cara ini juga dapat menjaga agar kendaraan Anda awet dan tidak cepat rusak, melindungi mobil juga merupakan tugas Anda sebagai pemilik mobil.

Anda bisa melindungi mobil Anda lebih jauh lagi dengan mengasuransikannya. Asuransi mobil dapat memberikan tanggungan apabila terjadi risiko kehilangan atau kecelakaan. Anda bisa mempelajari bagaimana cara menghemat premi kendaraan Anda  untuk mengurangi biaya asuransi.

Topik Artikel

asuransi mobil kendaraan bensin