facebook 11 Barang yang Harus Ada di Kotak P3K

11 Barang yang Harus Ada di Kotak P3K

Diterbitkan Pada August 6th, 2019

kotak p3k

Setiap rumah sebaiknya menyimpan kotak P3K (Pertolongan pertama pada kecelakaan) yang siap digunakan di saat darurat, terutama jika ada anak-anak. Diri Anda akan merasa tenang mengetahui bahwa ada obat dan peralatan yang bisa diandalkan jika terjadi sesuatu pada Anda atau keluarga Anda seperti terjatuh, cedera, kecelakaan diri, dan lainnya.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya Anda memiliki barang-barang ini dalam kotak P3K Anda:


1. Antiseptik

Jika terjadi luka luar, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkannya agar tidak terjadi infeksi. Jika tidak ada air dan sabun, antiseptic dapat mengeluarkan kuman dan objek asing, serta dapat mengurangi rasa sakit atau perih.

Antiseptik tersedia dalam bentuk krim atau spray.

 

2. Perban dan Kasa

Perban sangat berguna untuk membungkus dan melindungi bagian tubuh yang sakit atau terluka. Anda bisa membeli perban dalam jumlah banyak dalam berbagai ukuran.

Kasa sangat berguna untuk cedera yang lebih serius. Belilah kasa dalam ukuran yang besar, Anda bisa memotongnya menjadi bagian-bagian kecil sesuai kebutuhan.

 

3. Gunting

Salah satu alat yang paling penting untuk dimasukkan pada kotak P3K, gunting dapat digunakan untuk memotong perban atau kasa, juga bisa untuk memotong kain dan material lain untuk perawatan.

 

4. Perban Elastis

Perban jenis ini lebih lentur dan dapat berguna pada situasi kaki terkilir atau patah tulang.

 

5. Pita Perekat

Alat ini dapat Anda gunakan untuk menyambungkan kasa dan perban.

 

6. Pinset

Mirip seperti gunting, pinset dapat digunakan untuk membersihkan rambut, serpihan kayu, dan material lainnya yang berukuran kecil.

 

7. Sarung Tangan Karet

Sarung tangan karet dapat melindungi Anda dari bakteri, darah, dan objek lain yang berpotensi mengontaminasi luka dalam keadaan darurat.

 

8. Salep Antibiotik

Dapat melindungi luka, cedera, dan lecet yang terbuka dari risiko infeksi.

 

9. Alkohol

Alkohol biasanya tidak memakan banyak tempat dalam kotak P3K. Anda dapat menggunakannya untuk membersihkan gigitan serangga atau membersihkan luka.

 

10. Antihistamin

Jika Anda atau keluarga Anda mengalami reaksi alergi yang cukup parah seperti hidung tersumbat, bersin atau gatal-gatal, gunakan antihistamin untuk meredakan reaksinya.

 

11. Daftar nomor telepon penting.

Selalu simpan nomor penting seperti nomor darurat, ambulans dan rumah sakit terdekat sebagai antisipasi apabila cedera atau sakit yang cukup serius.

Selain itu, tulis juga secara rinci tentang alergi yang dimiliki oleh anggota keluarga, dan obat-obatan yang dikonsumsi secara rutin (jika ada). Informasi ini dapat berguna bagi dokter maupun petugas medis untuk memberikan penanganan yang tepat.


P3K hanyalah memberikan sebatas penanganan pertama jika terjadi kecelakaan. Apabila korban mengalami luka yang cukup serius, maka segeralah bawa ke dokter atau rumah sakit terdekat.

Dalam kasus seperti ini, Anda bisa mengajukan klaim asuransi kecelakaan diri. Anda bisa merasakan manfaat perlindungan agar kecelakaan yang terjadi tidak membebani Anda secara finansial.

Topik Artikel

kecelakaan