10 Tips & Trik Saat Membeli Mobil Bekas

Diterbitkan Pada March 28th, 2019

Membeli mobil adalah impian banyak orang selain memudahkan transportasi sehari-hari namun juga terkadang merupakan suatu nilai tambah bagi sebagian orang, selain juga dari faktor keamanan yang lebih secure dan safety jika mengendarai mobil pribadi dibanding kendaraan lain seperti motor, sepeda, dan sebagainya.

Menggunakan mobil pribadi juga merupakan kenyamanan tersendiri karena dapat terlindungi dari panas dan hujan, hingga dapat mengatur waktu tempuh perjalanan sendiri.

Namun tidak semua orang berkesempatan atau berkeinginan membeli mobil baru, banyak pertimbangan yang mungkin mereka pikirkan sehingga kemudian memutuskan membeli mobil bekas.

Diantaranya faktor depresiasi harga mobil, penghematan budget, bukan prioritas utama, hingga keterbatasan dana. Tak sedikit orang mempertimbangkan membeli mobil bekas pakai yang masih layak dikendarai. 

10 Tips Membeli Mobil Bekas

1. Baca beberapa ulasan pengguna atau artikel tentang mobil sejenis.

Periksalah apakah mobil tersebut memiliki rekam jejak sebagai mobil handal. Sesuaikan dengan kondisi iklim dan jalanan di Indonesia. 

Anda dapat saja mendapatkan mobil bekas di Indonesia yang murah namun tidak bisa diandalkan, atau cepat mengalami kerusakan. 

Persiapkan uang lebih demi membeli sesuatu yang lebih andal. Dengan membeli mobil yang lebih andal, Anda dapat minimalisir kemungkinan keluar masuk bengkel untuk perbaikan mobil bekas Anda.

2. Cari tahu tingkat efisiensi penggunaan bahan bakar. 

Mobil yang diperuntukan bagi penggunaan harian biasanya memiliki efisiensi bahan bakar yang lebih hemat. Dibanding mobil yang diproduksi untuk keperluan sport atau dikendarai pada medan berat.

Bertahan dengan pilihan mobil harian 4 pintu akan menghemat bahan bakar. Maka kelebihan sisa dana Anda dapat digunakan untuk membeli produk asuransi mobil.

3. Mintalah riwayat mobil serta catatan servis berkala. 

Ada berbagai dealer atau penjual mobil bekas yang menjual mobil tanpa memberi keterangan lengkap apakah mobil bekas tersebut pernah alami kecelakaan, terendam banjir, atau mengalami kondisi buruk lainnya. 

Bertanya lebih detail akan menghindari Anda dari penyesalan di kemudian hari. Karena itu adalah hak Anda sebagai pembeli.

4. Cari tahu  harga mobil bekas di Indonesia. 

Periksa iklan online, surat kabar lokal, dan situs-situs penjualan mobil untuk mengetahui nilai mobil bekas tersebut. Membaca harga penjualan terkini serta review pengguna mobil sejenis, dapat dijadikan pedoman dalam negosiasi harga mobil bekas.

5. Minta pendampingan oleh mekanik berpengalaman. 

Anda akan tahu jika mobil itu mengalami kecelakaan jika ada laporan riwayat servis yang diberikan si pemilik, namun seorang mekanik dapat mengetahui lebih detail apakah mobil bekas impian Anda selama ini dirawat dengan baik. 

Akan sangat mengecewakan jika Anda membayar sejumlah uang untuk mobil impian, namun di kemudian hari Anda menghabiskan belasan hingga puluhan juta untuk perbaikan dan restorasi mobil bekas di Indonesia. 

6. Jangan bersikap gegabah saat membeli mobil bekas.

Tidak gegabah dan terburu-buru ketika melihat mobil bekas dijual murah. Cobalah untuk tidak pergi sendiri saat menemui penjual mobil bekas. Anda mungkin membutuhkan opini kedua dari keluarga, atau orang yang mengerti mobil agar tidak salah pilih..

7. Saat Anda ingin lakukan test drive, pastikan coba semua fitur. 

Aktifkan semua fitur yang melengkapi mobil tersebut. Termasuk AC (Air Conditioner), radio, kelistrikan,  hingga fitur tambahan lain (jendela, cermin, kunci, lampu utama, lampu sein, dll) yang melengkapinya. 

Kendarailah mobil tersebut di berbagai tipe jalanan jika memungkinkan dan pergi ke tempat parkir kosong  atau tanjakan untuk menguji rem serta kopling. Tapi ingat, ini mobil orang lain sebelum menjadi milik Anda, maka hormatilah.

8. Hindari mobil tua dengan banyak perangkat elektronik atau kelistrikan lawas.

Hal ini mungkin akan menghabiskan banyak dana untuk perbaikan. Cobalah mencari mobil dengan tahun lebih muda dan kelistrikan prima. Kecuali Anda memang berencana merestorasi mobil klasik impian serta telah mempersiapkan dana besar.

9. Kondisi mobil bekas jauh lebih penting daripada jumlah tempuh kilometer.

Meskipun mobil bekas dengan jumlah kilometer tempuh lebih sedikit itu lebih bagus untuk dimiliki, namun kendaraan dengan banyak jarak tempuh tidaklah buruk sama sekali.

Kondisi mobil lebih penting daripada jarak tempuh selama mobil itu dirawat dengan baik.

10. Hindari jual beli mobil bekas aparat, taksi, atau mobil bekas rental.

Kendaraan ini secara fungsional mungkin dikendarai setiap hari dengan jarak tempuh sangat jauh dan mesin kadang dipaksa bekerja sangat keras. Terkadang tidak dirawat dengan baik. Mobil seperti itu biasa dijual sangat murah, tetapi berisiko untuk dibeli.

Itulah 10 tips dasar dalam membeli mobil bekas yang wajib ketahui. Jangan lupa untuk tetap melanjutkan perawatan berkala setelah membeli mobil bekas yang Anda inginkan tersebut. Dan proteksi segala kemungkinan buruk yang dapat saja menimpanya dengan asuransi mobil terbaik.

Bandingin.com !!! dapat membantu Anda mengambil keputusan cerdas dan akurat untuk melindungi diri, keluarga, dan masa depan Anda. 

mobil bekas | jual beli mobil mobil bekas indonesia | harga mobil bekasasuransi mobil

Topik Artikel

otomotif mobil bekas jual beli mobil asuransi mobil mobil bekas indonesia harga mobil bekas